Menjadi pemimpin
dalam sebuah perusahaan tentulah bukan perkara yang mudah, memegang
tugas besar akan tanggung jawab seorang pimpinan terhadap bawahan dan
tidak semua orang bisa menjadi pimpinan, segala sesuatu yang dilakukan pimpinan
selalu jadi panutan bawahan. Tidak sedikit pimpinan yang gagal dalam
menjalankan tugasnya. Bahkan ada pula pimpinan yang tidak disenangi oleh
bawahannya karena memiliki kebijakan yang salah. Oleh karena itu
penting bagi seorang pemimpin mengetahui tips menjadi pemimpin yang
baik.
- Berwibawa dan Tegas.Bersikap wibawa merupakan cerminan akan kharakter dan pribadi seorang pimpinan yang lugas dan tegas. Jika pimpinan kita tidak berwibawa maka akan berdampak buruk bagi perusahaannya. Contohnya jika pimpinan tidak berwibawa dan tegas, maka bawahan akan tidak menghargai pimpinan dan tidak menghomati segala bentuk peraturan - peaturan dari pimpinan.
- Fokus. Menjadi seorang pemimpin tentunya harus bersikap fokus akan tanggung jawab terhadap pekerjaan, berkontribusi dalam memberikan arah tujuan perusahaan yang baik, dan lebih mementingkan prioritas utama dengan prioritas pribadi. Hal ini sangat mempengaruhi kerja tim. Bertindak cepat dalam segala hal, baik dalam kondisi yang mendesak maupun kondisi cepat, seorang pemimpin dituntut harus bisa mengambil keputusan tepat dan cepat.
- Visi dan Misi. Seorang Pemimpin yang baik harus memiliki visi dan misi yang baik, karena pimpinan yang baik harus menyampaikan tujuan visi dan misinya, agar bawahannya memiliki motivasi untuk mencapai target yang sama, sehingga pimpinan bisa memberikan bimbingan untuk mengerakkaan timnya menuju tujuan yang telah ditentukan.
- Rendah Hati. Ada kalanya seorang pimpinan mampu mendengarkan bawahannya. Agar pimpinan tidak memutuskan segala hal secara sepihak yang memungkinkan para anggota sebenarnya tidak sepaham dengan keputusan pimpinan. Dan yang terakhir berikan pengakuan atas kontribusi yang telah diberikan oleh anggota tim Anda. Tunjukan bahwa Anda menghargai kerja keras mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar