HARAPAN ITU PASTI

Rabu, 01 Mei 2013

MASAKAN KHAS DAYAK

Seperti umumnya suku-suku di Nusantara, demikian pula suku Dayak, makanan utama mereka adalah nasi, yang dilengkapi dengan sayur mayur serta lauk pauknya. Uraian singkat cara suku Dayak mengolah bahan makanan untuk menjadi santapan harian mereka.
Beras
Padi yang diolah menjadi beras, kemudian ditanak hingga menjadi nasi, cara pengolahannya:
Bari atau nasi putih yang merupakan makanan pokok berasal dari beras dengan bermacam cara pengolahan untuk dapat dimakan. Dimasak dengan mempergunakan kenceng , kukusan yang terbuat dari rotan atau bamboo atau dibuat ketupat
Bari Tanihi yaitu nasi putih yang dimasak di dalam bambu, dan dibungkus dawen tewu . Biasanya memasak nasi dengan cara demikian ialah untuk bekal perjalanan jauh atau dalam upacara-upacara adat.
Bari Bahenda atau nasi kuning.
Ketupat ialah nasi yang dimasak dalam ketupat yang terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam atau dimasukkan dalam sejenis tumbuhan hutan yang bentuknya seperti ketupat. Biasanya ketupat dibuat untuk bekal perjalanan jauh atau dalam upacara-upacara adat.
Bari Sanga atau Bari Narang ialah nasi goreng. Biasanya dibuat untuk makan pagi. Cara pembuatan sama dengan cara pembuatan nasi goreng pada umumnya hanya minyak yang digunakan kadang-kadang menggunakan minyak tengkawang, kadang-kadang minyak babi.
Bubur Nasi, bubur yang terbuat dari beras yang diberi air dengan perbandingan satu banding empat, dicampur santan kelapa, gula merah dan madu.
Kangkuyau, bubur yang terbuat dari beras yang diberi air dengan perbandingan satu banding empat, diberi sedikit garam.
Pulut
Pulut atau ketan. Ada dua jenis ketan yaitu ketan hitam dan ketan putih.
Kenta, jenis panganan terbuat dari beras ketan yang baru saja dipanen. Cara membuatnya padi ketan yang baru saja mulai menguning, dipotong dan dikumpulkan, kemudian dimasak dalam periuk tanpa air, dan boleh juga diberi sedikit air sampai baunya wangi dan isinya menjadi lembek. Setelah itu didinginkan. Baru kemudian ditumbuk di lisung hingga bentuknya pipih, dan dibersihkan kulit padinya. Cara menyajikan yaitu kenta dicampur parutan kelapa dan gula.
Amping, sejenis panganan yang terbuat dari ketan. Cara membuat amping hampir sama dengan cara membuat kenta, bedanya amping dibuat dari padi ketan yang telah kering dan dipilih padi ketan yang terbaik. Padi ketan yang telah kering digoreng tanpa minyak dalam kuali hingga beras dalam padi ketan tsb masak. Kemudian ditumbuk di lisung hingga berbentuk gepeng. Setelah kulit padi dibersihkan maka amping tersebut dapat dihidangkan dengan dicampur parutan kelapa dan gula pasir. Namun dapat juga dimakan bersama ikan asin atau wadi yang digoreng.
Lamang, sejenis makanan yang dimasak di dalam bambu yang dilapisi daun pisang, diberi santan kelapa dan garam secukupnya.
Pulut Kukusan, jenis makanan yang terbuat dari beras ketan yang dikukus. Biasanya pulut kukusan dimakan bersama inti yaitu parutan kelapa yang dicampur gula merah dan dimasak di api.
Ubi Kayu
Kangkalut, makanan yang terbuat dari singkong. Cara membuatnya singkong dikupas, dibersihkan, dipotong dadu dicampur beras dan ditanak seperti menanak nasi.
Sangkuwai, makanan yang terbuat dari singkong. Cara membuat, singkong dikupas, dibersihkan, dipotong dadu, dicampur beras dengan perbandingan satu banding dua lalu dikukus hingga matang.
Goreng Jawau. Singkong dikupas, dicuci bersih, dipotong sepantasnya lalu digoreng dengan minyak kelapa, minyak tengkawang ataupun minyak babi.
Tapai Jawau, tape yang terbuat dari singkong. Caranya, singkong dikupas, dicuci bersih, dikukus. Setelah hangat-hangat kuku dicampur ragi ditutup rapat selama dua puluh empat jam dan siap dinikmati.
Luntuh Jawau. Ubi Kayu direbus.
Sayur Mayur
Cara Membuat Masakan Sayur Berkuah
Dalam pengolahan sayur sayuran, suku Dayak sangat menggemari sayuran berkuah dengan bumbu-bumbu yang sama, hanya bahan yang berbeda-beda. Untuk bahan tertentu sayur berkuah akan lebih nikmat apabila ditambahkan santan kelapa. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan pada umumnya sama yaitu serai, laos, lombok, kunir, suna, garam dan terasi.
Bahan masakan adalah sayuran sesuai selera dan ikan sungai yang berlemak. Untuk ikan bisa diganti ayam atau sapi, boleh juga daging babi. Cara membuat, semua bumbu diulek halus, dicampurkan pada ikan/ayam/sapi/babi, dimasukkan kuali, diberi sedikit air , diletakkan di atas api hingga mendidih. Setelah mendidih dimasukkan sayuran hingga matang dan siap disaji. Juhu dapat pula dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran. Pada saat memasak maka sayur yang masaknya lebih lama dimasukkan lebih dahulu baru kemudian dimasukkan sayuran yang cepat matang.
Macam-macam Juhu
Juhu Dawen kayu. Sayur berkuah dedaunan yang dapat dimakan.
Juhu Dawen Saretak. Sayur berkuah daun kacang panjang.
Juhu Ujau. Kuah umbut-umbutan
Juhu Tantimun. Kuah timun, biasanya ditambah sedikit santan kelapa.
Juhu Singkah. Kuah rotan muda, rasanya agak pahit.
Juhu Enyoh. Kuah kelapa muda.
Juhu Singkah Enyoh. Kuah batang kelapa muda.
Juhu Singkah Hambie. Kuah batang rumbia muda.
Juhu Bua Pisang. Gulai buah pisang muda, pakai santan.
Juhu Batang Pisang. Gulai batang pisang, bersantan.
Juhu Kangkung. Gulai kangkung, bersantan.
Juhu Baluh Baputi. Kuah labu putih.
Juhu Baluh Bahenda. Kuah labu kuning, boleh bersantan boleh tidak.
Juhu Dawen jawau. Kuah daun singkong, boleh bersantan, boleh tidak.
Juhu Kujang. Gulai keladi diberi santan. Terkadang keladi bila dimasak terasa gatal, maka untuk menghilangkannya keladi dibersihkan, direbus dengan diberi garam secukupnya hingga mendidih dan kemudian airnya dibuang. Setelah itu ikan yang telah dicampur bumbu-bumbu, santan kelapa, keladi, ditambahkan daun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil tujuh lembar lalu diletakkan di atas api hingga matang. Apabila daun nangka muda tidak ada, penghilang gatal dapat diganti kerak nasi.
Juhu Kanas. Kuah buah nanas muda.
Juhu Mantela Mangur. Gulai pepaya muda, boleh bersantan, boleh tidak.
Juhu Lauk. Kuah ikan
Juhu Kamenyo. Kuah daun kamenyo, rasanya asam.
Juhu Leping. Kuah daun leping rasanya asam.
Juhu Tampuyak. Kuah durian yang telah diasinkan, rasanya asam.
Juhu Dahian. Kuah durian muda.
Juhu Asem. Kuah asam muda.
Juhu Galimbing Tunjuk. Kuah belimbing wuluh
Juhu Rimbang. Kuah rimbang, rasanya asam.
Juhu Kulat. Kuah cendawan
Juhu Uwi. Kuah ubi,boleh diberi santan, boleh juga idak.
Juhu Bajei. Kuah paku boleh diberi santan, boleh juga tidak
Juhu Kalakai. Kuah daun kalakai.
Juhu jagung Muda. Kuah jagung muda
Juhu Dawen Paria. Kuah daun Paria (pare)
Juhu Paria. Kuah paria (pare)
Juhu Taya/Bengkel. Kuah taya/bengkel, pahit rasanya
Dawen Mantela
Sayur daun kates muda, biasanya dicampur dengan lemak babi.
Luntuh Dawen Mantela dengan Pancuk
Daun pepaya muda direbus dan dimakan bersama pancuk yang berarti sambel terasi yang dibuat dari lombok, terasi, garam, diulek dan ditambah air jeruk nipis.
Luntuh Dawen Jawau dengan Pancuk
Daun ubi kayu muda, jangan dilepaskan dari tangkai yang masih muda, dicuci bersih, direbus dan dimakan bersama sambal yang terbuat dari lombok merah, garam, terasi, diulek dan diberi air jeruk nipis.
Tepen Dawen jawau
Tepen dawen jawau ialah daun ubi kayu yang telah ditumbuk halus dilisung. Babi berlemak dipotong kecil-kecil dicampur bumbu, diberi air sedikit dan santan kelapa, diletakkan di api. Apabila telah mendidih dimasukkan daun ubi kayu yang telah dihaluskan sampai matang siap dihidangkan. Bumbunya harus dihaluskan terlebih dahulu. Bumbunya antara lain lombok, kunir, laos, serai, suna, bila tidak ada suna boleh diganti bawang merah, terasi dan garam. Cara lain boleh juga semua bahan diletakkan di wajan dan dimasak hingga kuahnya hampir kering.
Terong Mapui
Terong ungu yang sedang besarnya, dibakar dengan kulitnya hingga matang dan menjadi lembek. Kemudian siapkan lombok rawit, terasi, garam, serei, diulek halus, ditambah ikan bakar yang berlemak dan terong bakar, ditekan pelan-pelan sampai tercampur.
Lauk Pauk
Jenis-jenis binatang yang dimakan:
1). Jenis-jenis ikan
2). Sapi
3). Babi hutan, babi yang dipelihara
4). Kerbau, hadangan, hurangan
5). Rusa, manjangan, payau, bengau
6). Kijang atau karahau, kancil atau pelanduk
7). Ayam atau manuk, ayam alas atau ayam hutan
8). Itik, bebek, angsa atau japun
9). Bermacam-macam burung
10). Bermacam-macam ular, antara lain ular payahe atau paraca, panganen atau ular sawah, depong, marawak, dan lain-lain
11). Bajai atau buaya, biawak, sambuk, muhe, dan jenis lainnya
12). Orang Hutan, kahiu atau alas, beruk
13). Bulus, bioko, kura-kura
14). Landak
Jenis Masakan
Sangan
Sangan ialah masakan yang terbuat dari ikan atau babi atau sapi. Setelah bahan dibersihkan dan dipotong sesuai selera, dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari ulekan garam, laos, kunir,serai, terasi, jahe, lombok. Setelah itu digoreng dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar